Agama - Agama di Dunia


          Dalam sejarah panjang kehidupan manusia di dunia , ada dua kekuatan besar yang senantiasa mewarnai kehidupan mereka yaitu kepercayaan (agama) dan filsafat. Mereka berani mati demi mempertahankan kepercayaan atau agama, bahkan tidak jarang dari mereka memgobarkan harta, pikiran, serta tenaga hanya untuk memperthankan kepercayaan mereka. Pada umumnya, setiap agama memiliki sumber ajaran utama,baik tulis maupun tidak. Ajaran-ajaran tersebut antara lain, berisi tentang Tuhan yang disembah, dunia, manusia, hidup setelah kematian, hubungan antar manusia, dan beberapa etika lainnya yang harus dijalankan oleh para peganutnya.
         Kata agama berasal dari bahasa sansekerta, yaitu dari suku kata "a" yang berarti tidak ,dan "gama yang berarti kacau. Jika merujuk pada pengertian ini, agama memiliki makna tidak kacau, atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai arah atau tujuan tertentu. Selain itu Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) agama adalah sistem yang mengatur tata ke imanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dengan manusia dan lingkungannya.

Berikut agama- agama yang ada didunia:

1.Agama Hindu
         Sebagian pemeluk agama ini berada di Asia selatan terutama di India dan Nepal. Agama ini melewati perjalanan yang panjang ,diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 M. Agama Hindu adalah salah satu agama tertua yang masih bertahan sampai dengan saat ini. Agama ini pernah tersebar di Asia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15. Lebih tepat nya runtuh nya kerjaan Majapahit.Sejak itu agama ini digantikan dengan agama Islam dan Kristen. Dan di masa saat ini mayoritas pemeluk agama hindu di Indonesia adalah masyarakat Bali.

2.Agama Buddha
           Menurut sejarah Buddha lahir dan berkembang sekitar 6 abad SM di anak benua India bagian utara.Secara emitolgi, kata Buddha ini berasal dari kata “Buddh” yang mempunyai arti bangun atau bangkit, dan dapat di artikan pergi dari kalangan bawah atau awam. Kata kerja nya “Bujjhati”,antara lain 

3.Agama Jain (Jainisme)
       Agama jain atau jainisme merupakan agama monastik kuno yang lahir dan berkembang di India. Agama ini mulai diakui keberadaannya di Magadha,kawasan di India utara sekir abad ke-6 dan ke-5 SM melalui ajaran yang di sebarkan oleh Mahavira. Sebagaimana halnya agama Buddha, Jainisme muncul atas reaksi ketidak persetujuannya terhadap ajaran-ajaran agama Hindu.Nataputta Vandhamana atau yang lebih dikenal dengan Mahavira adalah thirtankara ke-24 yang melanjutkan perjuangan Nemitatha.Mahavira lahir pada tahun 559 SM.Kitab suci agama Jain adalah Siddhanta.

4.Agama Tao (Taoisme)
       Menurut bahasa Tao memiliki arti “jalan” ,”cara”, atau “akal”. Namun ada yang mengartikan kata-kata suci. Taoisme menjadi sebuah organisasi keagamaan di Tionghoa baru pada abad Ke-2 M. Namun sebelum masa tersebut,Taoisme sudah menjadi ajaran yang di praktikan turun temurun. Agama Tao termasuk agama tertua yang ada didunia karena sudah di akui keberadaan nya 7000 tahun silam.Agama ini banyak dianut olrh orang tionghoa. Menurut budayawan dari negeri tersebut,Lu Xun agama Tao merupakan agama atau akar dari kebudayaan Tionghoa.

5.Jain (Jainisme)
        Sekitar abad ke-6 SM, di india tumbuh subur bermacam-macam kecerdasan pikiran dan ilmu pengetahuan, yang kemudian melahirkan beberapa tokoh besar, salah satu nya Mahavira.Agama Jain mulai di akui keberadaannya di Magadha, sebuah kawasan di India utara. Sekitar abad ke-6 dan ke-5 SM melalui ajaran yang disebar kan oleh Mahavira. Sebagai mana agama Buddha, Jainisme muncul sebagai reaksi atas ketidak setujuannya terhadap ajaran - ajaran agama Hindu. Karena pada waktu itu, banyak mesayarakat yang menolak ortodok Hindu tentang pengelompokan masyarakat yang berdasarkan kasta.

6.Agama Tao (Taoisme)
          Taoisme menjadi sebuah organisasi keagamaan di Tionghoa baru pada abad ke-2 M . Menurut budayawan negeri tersebut Lu Xun, agama Tao merupakan agama dan akar utama dari kebudyaan Tionghoa. Oleh karena itu , tidaklah mengherankan bila Taoisme menjadi agama yang banyak dianut oleh masyarakat Tionghoa hingga sekarang.Pembawa ajaran agama Tao adalah Lao Tzu , Chuang Tzu dan Leizi.

7.Agama Konghucu
         Agama Konghucu adalah istilah yang muncul sebagai akibat dari keadaan politik di indonesia. Pada zaman Orde baru, segala bentuk aktivitas berbau kebudayaan dan tradisi Tionghoa dilarang. Ini menyebabkan banyak pemeluk kepercayaan tradisional Tionghoa menjadi tidak berstatus  sebagai pemeluk salah satu dari 5 agama yang diakui di Indonesia.Dalam sejarah nya Konghucu sudah ada dan dikenal oleh masyarakat Tionghoa sejak 5.000 tahun yang silam. Konfusius seseorang yang berperan menghidupkan kembali ajaran klasik ini.

8.Agama Zoroaster
          Zoroastrianisme atau Majusi adalah sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran.

9.Agama Shinto
           Shinto sebagai agama asli bangsa Jepang, agama tersebut memiliki sifat yang cukup unik. Proses terbentuknya, bentuk-bentuk upacara keagamaannya maupun ajaran-ajarannya memperlihatkan perkembangan yang sangat ruwet. Banyak istilah-istilah dalam agama Shinto yang sukar dialih bahasakan dengan tepat ke dalam bahasa lainnya. Kata-kata Shinto sendiri sebenarnya berasal dari bahasa China yang berarti “jalan para dewa”, “pemujaan para dewa”, “pengajaran para dewa”, atau “agama para dewa”. Dan nama Shinto itu sendiri baru dipergunakan untuk pertama kalinya untuk menyebut agama asli bangsa Jepang itu ketika agama Buddha dan agama konfusius (Tiongkok) sudah memasuki Jepang pada abad keenam masehi.

10.Agama Yahudi
        Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Yahudi yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israel dari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka, dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.Kitab agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa dia, dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak, dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih. Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas, dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil, dan makmur, dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.

11.Agama Kristen
        Agama Kristen adalah sebuah agama Abrahamik monoteistik berasaskan riwayat hidup dan ajaran Yesus Kristus, yang merupakan inti sari agama ini. Agama Kristen adalah agama terbesar di dunia, dengan lebih dari 2,4 miliar penganut,atau 33% dari populasi global, yang disebut Orang Kristen atau Umat Kristiani. Orang Kristen percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah dan Juru Selamat umat manusia yang datang sebagai Mesias (Kristus) sebagaimana dinubuatkan dalam Alkitab Perjanjian Lama.


12.Agama Islam
            Agama Islam merupakan agama monoteisme dan salah satu dari agama Abrahamik .Kata Islam berasal dari kata Arab, yaitu aslama-yuslimu-islaman,yang secara kebahasaan diartikan "menyelamatkan" . Jadi Islam bisa diartikan penerimaan dari dan penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan, dan penganutnya harus menunjukkan ini dengan menyembah-Nya, menuruti perintah-Nya, dan menghindari kemusyrikan.Dengan jumlah penganut lebih dari satu perempat miliarorang seluruh dunia, Islam menjadi agama terbesar kedua di dunia Setelah agama Kristen.Pengikut agama Islam dikenal dengan sebutan muslim, yang berarti "orang yang tunduk kepada Tuhan".Agama ini mengajarkan bahwa Allah SWT menurunkan firmannya kepada seorang manusia terpilih yang menjadi nabui atau rasul utusan-Nya, yaitu Muhammad SAW.Slain itu muslim juga mempunyai kitab suci yaitu Al-Qur'an.

13.Agama sikh
           Agama Sikh bermakna agama para murid . Makna ini dimaksudkan bahwa para murid adalah pembangun agama Sikh. Sebab, sang guru,belakangan, dikultuskan sebagai penjelma Tuhan di bumi, sehingga pengertian para murid itu diartikan murid Tuhan.Akan tetapi Sikh juga dimaknai" suatu masyarakat agama di India dan Pakistan ". Atau suatu sekte keagamaan yang berasal dari penyelewengan terhadap "Brahamis-Hinduisme." Selain itu , agama Sikh dikatakan juga sebagai agama "sinkretis" karena didirikan dengan maksud mendamaikan antara Islam dan Hinduisme.


14.Agama Baha'i
        Bahá'í Baha'iyyah adalah agama monoteistik yang menekankan pada kesatuan spiritual bagi seluruh umat manusia. Agama Baha'i lahir di Persia (sekarang Iran) abad 19. Pendirinya bernama Bahá'u'lláh. Pada awal abad kedua puluh satu, jumlah penganut Bahá'í mencapai sekitar enam juta orang yang berdiam di lebih dari dua ratus negara di seluruh dunia.Dalam ajaran Bahá'í, sejarah keagamaan dipandang sebagai suatu proses pendidikan bagi umat manusia melalui para utusan Tuhan yang disebut para "Perwujudan Tuhan". Bahá'u'lláh dianggap sebagai Perwujudan Tuhan yang terbaru. Dia mengaku sebagai pendidik Ilahi yang telah dijanjikan bagi semua umat dan yang dinubuatkan dalam agama Kristen, Islam, Buddha, dan agama-agama lainnya. Dia menyatakan bahwa misinya adalah untuk meletakkan fondasi bagi persatuan seluruh dunia, serta memulai suatu zaman perdamaian dan keadilan, yang dipercayai umat Bahá'í pasti akan datang.



Referensi:
M. Ali Imron, Sejarah Terlengkap Agama-Agama di Dunia, IRCiSoD

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »