Makalah Organisasi Komputer

 

MAKALAH

ORGANISASI KOMPUTER

Mata Kuliah : Teknik Informatika

Dosen : Krishna Eka, S.Kom 


 

 

Oleh :

Wakhit Nur Ananda (2119R1453)

KELAS A5

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER HIMSYA

2020


KATA PENGANTAR

 

          Segala puji dan Syukur kepada Tuhan Yang  Maha Tunggal yang telah melimpahkan Rohman dan RohimNya. Dan sholawat serta salam Kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai yang sang sangat luhur sampai dengan Kita saat ini.

          Penulisan Makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh Bapak Dosen Jurusan Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer HIMSYA. Penulis menyadari bahwa banyak kekurangan, jauh dari kata sempurna karena keterbatasan ilmu dan pengalaman dalam penulisan Makalah ini Maka dari itu kritik dan saran dari pembaca sangat Saya harapkan agar terciptanya Makalah yang lebih dimasa mendatang.Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk pihak-pihak yang memerlukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Grobogan, 7 Juni 2020

 

 

Penulis,

 

DAFTAR ISI

 

JUDUL............................................................................................................................i

KATA PENGANTAR...................................................................................................ii

DAFTAR ISI..................................................................................................................iii

BAB I PENDAHULUAN

            A.Latar Belakang Masalah....................................................................................2

            B.Rumusan Masalah..............................................................................................2

            C.Tujuan Pembahasan...........................................................................................2

BAB II PEMBAHASAN

          A.Pengantar Organisasi Komputer.......................................................................3

            B.Evolusi dan Kinerja Komputer.........................................................................3

            C.Struktur CPU....................................................................................................3

            D.Memori Internal................................................................................................4

E.Memori Chace...................................................................................................4

F.Memori Eksternal..............................................................................................5

 

BAB III PENUTUP

            A.Kesimpulan......................................................................................................6

            B.Saran.................................................................................................................6

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 


BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

            Semua pasti mengerti bagaimana pesatnya dunia teknologi, sampai Kita di buat menjadi manusia yang tidak bisa sabar. “Teknologi is common, tingking is rare” Teknologi yang serba cepat harus di barangi dengan pemikiran manusia yang seharusnya juga maju bukan sebalik nya. Dengan adanya kemajuan Teknologi khusus nya bidang teknologi informatika Kita harus mengerti memahami apa itu Teknologi yang perkembangannya sangat cepat ini. Seharusnya teknologi sangat mempercepat pekerjaan Manusia soal pengolahan data mestinya, tetapi Kita sering mendengar kebocoran data Informasi.Kali ini Kita akan mengulas tetang Organisasi Komputer, perangkat software,hardware hingga bagaimana menjadi pengguna IT dengan benar.

B.Rumusan Masalah

1.         Apa itu Organisasi Komputer?

2.         Bagaimana Evolusi Komputer dari dulu ke sekarang?

3.         Seperti apa itu struktur dari CPU

4.         Seberapa banyak jenis dan kegunaan atau fungsi dari memori-memori yang ada di dalam sebuah Komputer?

C.Tujuan Pembahasan

1.      Mendiskripsikan apa itu Organisasi Komputer

2.      Mendiskripsikan Evolusi dalam Komputer

3.      Mendiskripsikan struktur yang ada dalam CPU

4.      Mendiskripsikan jenis memori yang ada dalam sistem Komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II PEMBAHASAN

 

A. Pengantar Organisasi Komputer

          Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit opersional dan interkoneksi di da -lam sistem antara komponen penyusun sistem Komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Apa itu aspek Organisasi Komputer, yaitu berupa teknologi hardware, pernangkat antar muka,teknologi memori ,sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

            Adapun perbedaan antara Organisasi Komputer dengan Arsitekstur Komputer.Organisasi Komputer dapat di visualisasikan spesifikasi-spesifikasi sebuah prosessor(Intel Quad Core,Intel Core 2 Duo,Inter Core i3 dll) ,RAM (2GB,4GB),VGA(G-Force). Sedangkan Arsitektur Komputer adalah perangkatnya/pirantinya dalam sebuah Komputer Prosessor,RAM,HDD,VGA.

Ada lima dimensi dalam pengukuran keunggualan Komputer yaitu

1.      Kinerja

2.      Kapasitas

3.      Harga

4.      Pemeliharaan (Maintenance)

5.      Kenyamanan pengguna

 

B. Evolusi dan Kinerja Komputer

    Dengan berkembangnya sistem operasi dari windows dekstop yang pertama sampai windows 10 , hanya windows 10 yang mempunyai proteksi(Windows Defender Security Center) yang baik.Tiga Arsitektur CPU Arsitektur berbasis Akumulator,Register,Stack. Evolusi teknik-teknik dalam Memori Utama Kecepatan CPU meningkat secara konstan karena kemajuan teknologi komponennya.Terdapat dua pembagian lokasi konsep penyimpanan yaitu alamat ganjil genap(Inter Leaving).Evolusi Software Sistem, pemrograman lebih berkonsentrasi pada mengatasi masalah pada level bahasa mesin dapat terjadi overhead(waktu tambahan) dan Overhead tersebut tidak berarti kareana CPU juga semakin meningkat dan adanya teknik-teknik paralleisme dan overloop.Dalam perkembangannya Komputer dapat Kita bagi menjadi 2 bagian yaitu sebelumtahun1940 dan setelahnya.

C. STRUKTUR CPU

CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central Processing Unit  dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu:

1.      Arithmetic and Logic Unit(ALU)

2.      Control Unit

3.      Register

4.      CPU Interconnections

 

D. Memori Internal

RAM membantu Processor untuk dapat mempercepat proses pengolahan data, data yang akan diproses yang terlebih dahulu disimpan dalam RAM atau juga pada saat processor akan membutuhkan data tersebut baru RAM ini akan mengirim data tersebut untuk di proses. Atau RAM akan menyimpan historis(Riwayat) agar kita dapat memperoleh data dengan cepat, efisien proses data.   Dulu nama dari DDR1 itu Namanya DDR saja. Tetapi sekarang setelah muncul generasi berikutnya maka sekarang diberi nama RAM DDR ini berubah menjadi RAM DDR1. RAM DDR1 lahir pada era komputer pentium 4 sekitar tahun 2000. RAM DDR1 memiliki transfer rate antara 200–400 MT/s dengan kecepatan clock sebesar 100-200 MHz sedangkan Perbedaan fisik RAM DDR2 dengan DDR1 adalah letak notch-nya yang digeser agak ke pinggir. RAM DDR2 memiliki transfer rate antara 400–1066 MT/s dengan kecepatan clock 200–533 MHz.

Flash Memory Device. Perangkat penyimpanan dengan desain ringan dan kecil , fleksibel mudah dibawa kemana-mana. Perangkat ini dioperasikan dengan daya yang disediakan dari port USB komputer (contoh , Solid State Drive,Flash Disk)Read Only Memory (ROM) adalah jenis memori yang kontennya tidak hilang ketika komputer mati (kehilangan daya). Optical Storage Device.Perangkat penyimpanan data berbentuk kecil dan portabel serta dapat diperoleh dengan mudah dan murah di pasaran (contoh Compact Disc, DVD),Main memori Memori utama digunakan sebagai akses data cepat oleh processor dan tidak berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data.Memori komputer dapat memiliki sifat volatile atau non-volatile. Memori komputer yang memiliki sifat folatile akan kehilangan konten (data atau informasi) saat komputer kehilangan daya, sebaliknya jika memori komputer yang bersifat non-folatile akan tetap menyimpan konten walaupun komputer dalam keadaan mati. RAM berfungsi agar dalam penyimpanan dalam Komputer berjalan dengan stabil, dan Komputer akan bekerja lebih cepat dalam pengambilan data yang di inginkan. 

E. Memori Chace

    Cache memori terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu ke memori utama. Fungsi chace memory adalah menyimpan data yang pernah diakses pada cache, sehingga apabila ada data yang ingin diakses pemrosesan data yang sama, maka mengakses data dapat di proses lebih cepat. Cache memory memiliki 3 level yaitu:Cache memori level 1 (L1) adalah cache memori yang letak nya dalam prosesor kecepatan akses paling tinggi dan paling mahal. Ukuran memori berkembang antara lain: 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Cache level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar dari cache memori level 1 yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Tetapi mempunyai kecepatan yang lebih rendah dari chace pertama. Chace memori ini letak nya diluar prosesor sehingga nama nya biasa disebut chace eksternal.Chace Level 3 hanya dimiliki jenis proses dualcore atau quadcore. Chace ini mempunyai fungsi mengontrol data yang masuk dari chace L2 dari inti-inti dalam prosesor.Ciri-ciri chace memory adalah memori yang berukuran kecil bersifat tempory( penyimpanan sementara) mempunyai ukuran sangat kecil. Ada yang letak nya di dlam prosesor dan ada yang letak nya di luar(eksternal) prosesor. Tetapi kecepatan pemrosesan data relatif sangat cepat.Memory yang terletak didalam processor adalah Chace memory level 1 (L1).Memory yang mempunyai keceptan akses lebih tinggi diabnding dengan yang lainnya adalah Chace Memory level 1 (L1).Faktor-faktor yang mempengarui chace:Ukuran Chace,Fungsi pemetaan(mapping),Algoritma penggantian, Ukuran blok, Line size.Chace memory merupakan memori yang mempunyai proses akses data yang menjembatani aliran data antara prosesor dengan memori utama (RAM) yang biasannya mempunyai kecepatan yang lebih rendah.Apabila chace memory dalam CPU tidak menemukan referensi data maka disebut Chace Miss.

F. Memory Eksternal

    Memori yang merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang penting dalam komputer modern dan letaknya di dalam CPU (Central Procesing Unit).

    Memori ekstrnal adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing (box) CPU. Eksternal memori selain memiliki sifat penyimpanan yang permanen (nonvo latile) biasanya juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Yang termasuk dalam kategori eksternal memori adalah floppy disk, hard disk, optical disk, CD ROM, Flash Memory, Tape Drive, Zip Disk dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III PENUTUP

 

A.Kesimpulan

Informasi tentang Teknologi sangat diperlukan pasalnya, dimasa yang akan datang teknologi informasi sangat dibutuhkan. Karena teknologi informatika masuk dalam semua aspek kehidupan dimasa depan. Dengan pemahaman teknologi Kita tidak akan ketinggalan dengan segala informasi kemajuan teknologi,soal administrasi,bisnis,pembangunan dan segala bidang lainnya.

 

 

B.Saran

Demikian Informasi tentang Teknologi Informasi ,Organisasi Komputer, Arsitektur Komputer.Semoga dapat bermanfaat ,Jika ada kritik atau saran yang ingin disampaikan silahkan disampaikan. Apabila ada kesalahan Saya meminta maaf ,Karena semua manusia dasarnya pelupa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



DAFTAR PUSTAKA

 

 

Materi yang diberikan Dosen Organisasi Komputer

https://bocahkampus.com/cara-membuat-makalah

https://brainly.co.id/tugas/26678768#:~:text=Organisasi%20Komputer%20adalah%20bagian%20yang,%2C%20dan%20sinyal%2Dsinyal%20kontrol.

http://endah-teknikinformatika.blogspot.com/2011/06/v-behaviorurldefaultvml-o.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »